Minggu, 15 September 2013

RUNDOWN \m/



“RUNDOWN”
Untuk sebuah produksi televisi, rundown merupakan panduan yang dijadikan acuan seorang program director atau pengarah acara dalam menjalankan sebuah acara televisi. Rundown biasanya disusun oleh produser dan didiskusikan dengan tim produksi. Format pembuatan rundown tidak mutlak, sangat tergantung dari karakteristik format acara televisi itu sendiri. Rundown format berita misalnya agak sedikit berbeda dengan rundown untuk acara berformat non drama (quiz, gameshow, music, variety show,magazine,dll).
Rundown merupakan susunan isi cerita dari sebuah program acara yang dibatasi oleh durasi(panjangnya item acara), segmentasi dan deskripsi atau bahasa naskah.
Untuk acara berdurasi 30 menit biasanya dibagi menjadi empat segment, namun beberapa acara berdurasi setengah jam ini juga kadang terbagi menjadi 3 segment. Sedangkan acara berdurasi 60 menit biasanya terbagi atas 5 atau 6 segment. Salah satu fungsi pembuatan segmentasi ini adalah untuk keperluan penempatan commercial break atau iklan. Misalnya, total konten program acara berdurasi 30 menit adalah 24 menit,sisanya yang 6 menit untuk iklan.
Selain kolom “Segment”, hal penting lainnya adalah “Description”. Di kolom ini dijelaskan tentang apa saja isi dari setiap segment. Sedangkan jika ada catatan penting lainnya, bisa dimasukan ke dalam kolom “Note” atau “Remark”
Atau bisa juga dijabarkan seperti berikut :
1. Rundown adalah susunan isi cerita dari suatu acara, biasanya dibentuk dalam tabel (tidak selalu memang)
2. konteks pemakaiannya banyak... untuk acara televisi misalnya, atau di sebuah event (talkshow, musik,dll), rapat, dll
3. Fungsinya,pertama: agar acara tersusun rapi, teratur dan sistematis dan mengeliminasi kesalahan yang mungkin terjadi
4. Fungsinya,kedua: mempermudah penanggung jawab acara untuk melakukan control tugas (terutama) anggotanya,
5. Fungsinya: secara umum, audience/orang awam lebih mudah untuk memahami jalannya atau alur dari suatu acara
6. Fungsinya: rundown juga mempermudah tahap-tahap evaluasi saat kegiatan selesai dilaksanakan
7. isinya... tergantung kebutuhan sebenarnya.. pada dasarnya yg selalu ada adalah "penunjuk waktu" dan "agenda/kegiatan"
8. Untuk panitia biasanya mencakup juga, siapa penanggung jawab/pelaksananya, peralatan yang dibutuhkan, dan keterangan2 yang perlu
9. yang membuat rundown..?? panitia... yaa, penanggung jawab acara 'setidaknya' (/harus) dilibatkan dlm proses pembuatan
10. untuk beberapa hal, print-out RUNDOWN yang diberikan untuk sesama PANITIA ataupun TALENT pengisi acara BELUM TENTU sama persis. #rundown
Reply RT Favorite
11. penanggung jawab acara BIASANYA punya pertimbangan print-out yg harus diBAGIkan.. untuk mem-fokuskan JOBDES..
12. meski memuat CATATAN WAKTU pelaksanaan, rundown itu sebenarnya FLEKSIBEL dan sangat mungkin BERUBAH SECARA MENDADAK
atau mungkin jd saat paling "menarik" *walau sebaiknya jangan sampai terjadi
13. saat itu terjadi, maka akan ada si PENANGGUNG JAWAB yang tugasnya meng-'osak asik' rundown biar acara ga meleset dari KONSEP..
14. catatan adalah bahwa RUNDOWN DARURAT ini harus sesegera ter-KOMUNIKASI-kan dengan baik pada semua yang terlibat..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar